Cara Cek Dapatkan BLT BBM & Bansos dari Aplikasi & Website

Cara Cek BLT BBM & Bansos dari Aplikasi & Website - Kemensos umumkan Bansos dan BLT BBM 2022. Bantuan ini diberikan kepada Penerima Manfaat (PM) akibat kenaikan harga BBM. Berikut cara cek bansos dan BLT BBM Depsos secara online.
Bantuan Sosial (Bansos) bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak kenaikan harga BBM. Untuk memudahkan masyarakat, metode bansos dan pengecekan BLT juga bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Berawal dari informasi akun Instagram resmi Kementerian Sosial RI, indikator bantuan yang disalurkan sebesar Rp 150.000 per bulan. Bantuan sosial ini akan diberikan selama 4 bulan dari September hingga Desember 2022, dengan dua hibah sebesar Rp 300.000 per orang dengan total bantuan sosial Rp 600.000 ditambah BLT. Dana bantuan diberikan melalui PT Pos Indonesia dan Hinbara.

Cara Cek Bansos dan BLT

Cara cek Bansos dan BLT BBM bisa dilakukan secara online melalui Kementerian Sosial. Penerima Bantuan Sosial dapat diverifikasi di website resmi dan aplikasi Cek Bansos di Google Play.
Berikut cara cek bansos dan BLT dari Kemensos:

1. Website Cekbansos.kemensos.go.id
  • Buka browser dan cari website Cekbansos.Kemensos.go.id.
  • Masukkan Data Penerima Bantuan Sosial (PM)
  • Pilih negara bagian, distrik, kecamatan, desa atau kecamatan Anda sesuai dengan kartu identitas Anda
  • Masukkan nama lengkap PM sesuai KTP anda
  • Masukkan kode 8 karakter termasuk spasi sesuai captcha
  • Kemudian klik Temukan Data di kanan bawah.
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem mendeteksi nama dan wilayah PM sesuai KTP.

2. Aplikasi Cek Bansos

Jika nama Anda tidak terdaftar sebagai penerima bansos atau penerima BLT, ada alternatif lain. Penerima yang terdaftar dapat masuk ke akun mereka dengan memasukkan nama pengguna dan kata sandi mereka.

Jika Anda adalah pengguna baru, klik Buat Akun Baru di bawah tombol masuk. Penerima melakukan registrasi online melalui aplikasi Cek Bansos di Google Play. Pastikan penerima telah mendaftarkan data pribadinya sesuai KTP-nya. Berikut cara mendaftar Bantuan Sosial dan BLT:

  • Setelah download, buka aplikasi Cek Bansos
  • Pilih untuk membuat akun baru untuk pendaftaran
  • Masukkan data pribadi Anda sesuai dengan kartu ID Anda
  • Masukkan NIK, nomor KK, negara bagian, dan alamat sesuai KTP
  • Unggah foto KTP dan selfie dengan KTP
  • Ikuti petunjuk di aplikasi untuk memastikan selfie dan mengunggah foto ID Anda.

Pengguna dapat mendaftarkan diri dalam program BBM BLT Kemensos dan dengan mudah mengecek keikutsertaannya dalam bantuan sosial seperti BNPT, BST dan PKH. Pengguna hanya perlu melakukan registrasi online sesuai wilayah administrasi. 

Anda dapat menggunakan aplikasi ini untuk menyarankan tetangga dan orang lain yang dianggap layak mendapatkan bantuan sosial.

Layanan pengaduan

Selain cara cek bansos dan BLT, Anda juga harus tahu tentang layanan pengaduan. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk meneliti, memberikan saran, dan mengeluh tentang bantuan sosial. Kementerian Sosial menyediakan pusat panggilan untuk menghapus keanggotaan atau menyarankan orang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan.


Nomor konsultasi pengaduan adalah call center 021-171. Pengaduan juga dapat dilakukan melalui aplikasi dan website SP4N Lapor (lapor.go.id). Sedangkan untuk Cek dan Pengisian Bansos dapat dilakukan di menu utama aplikasi Cek Bansos “Sangkal Usulan”. Cek Namamu Disini

Post a Comment

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2022

Lotek Indo
close