Tips Cara Scan Dokumen di Android, Tanpa Ribet


Jika kalian sedang melamar pekerjaan secara online dan diminta untuk mengirimkan berkas dokumen persyaratan administrasi dalam bentuk digital seperti KTP, Ijazah, transkrip nilai dan lainnya, namun tidak punya alat scanning. Kalian tidak perlu bingung dan pergi keluar untuk mencari jasa scanner karena bisa kalian lakukan di ponsel sendiri.
Cukup manfaatkan fitur kamera yang ada di ponsel kalian, akan tapi bukan berarti menggunakan aplikasi kamera default. Karena itu bukanlah ide yang bagus dan hasilnya seperti foto biasa serta tampak kurang rapih. Untuk itu, kalian bisa mencoba untuk menginstal dan menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk scanning.

Salah satunya adalah dengan menggunakan CamScanner. Aplikasi ini merupakan aplikasi freemium, simple, mudah digunakan serta memiliki banyak kelebihan dan fitur. Seperti mengonversi ke dalam format PDF, di mana format ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan merekrut karyawan secara online.

Berikut cara untuk melakukan scan dokumen dengan aplikasi Camscanner:
  1.  Download dan Instal aplikasi CamScanner melalui Play Store.
  2. Buka aplikasi Camscanner. Pada tampilan awal, kalian akan diminta untuk Masuk atau Register terlebih dahulu. Akan tetapi bagi sobat yang males bikin akun, bisa langsung klik Gunakan Sekarang. 
  3. Untuk memulai proses scan, tap Mulai Pemindaian pada ikon yang bergambar kamera di sebelah kanan bawah layar android. 
  4. Siapkan dokumen yang hendak kalian scan. Pilih mode scan dan tipe dokumen pada CamScanner, yang sesuai kebutuhan kalian. Arahkan kamera ponsel kalian pada dokumen yang telah disiapkan. Jika dirasa sudah sempurna, tap ikon kamera.
    Catatan :
    • Mode scan ada dua yaitu batch mode dan single mode. Untuk batch mode digunakan untuk mengambil gambar dokumen lebih dari satu secara berurutan dan single mode mengambil hanya satu dokumen.
    • CamScanner sendiri menyediakan lima buah tipe dokumen yang bisa kalian scan, yaitu Kartu ucapan, PPT, Dokumen, Kartu ID, dan QR Code.
  5.  Untuk lebih menyempurnakan hasilnya nanti, aturlah canvas dengan menggeser bulatan-bulatan kecil pada bingkai. Jika sudah klik tanda centang.
     
  6. Selanjutnya, kalian juga bisa memberikan efek tertentu pada hasil CamScanner yang akan dihasilkan nanti. Dan kalian bisa mengubah nama file tersebut sesuai keinginan kalian. Kembali tap tanda centang untuk melanjutkan. 
  7.  Jika dokumen yang kalian scan lebih dari satu, bisa mengulang kembali poin 4 di atas dengan mentap ikon kamera.
  8. Tap PDF untuk menyimpan file.Sampai disini kalian sudah berhasil membuat scan dokumen dengan format PDF. Hasil CamScanner ini dapat kalian temukan di folder CamScanner pada penyimpanan internal ponsel.
Itulah tutorial singkat cara menggunakan CamScanner dan mengubah dokumen menjadi PDF. Dengan melakukan cara tersebut tentunya dapat menghemat waktu dan biaya untuk mencari jasa scanning. Bagi kalian yang tertarik dengan update-an artikel lainnya silakan subscribe

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo