Cara Buka dan Kunci WhatsApp dengan Sidik Jari

WhatsApp kembali meluncurkan fitur biometrik terbaru bagi pengguna, meskipun masih bersifat beta tester dan hanya hadir di platform WhatsApp untuk iOS. Fitur biometrik tersebut memungkinkan pengguna untuk membuka dan mengunci aplikasi WhatsApp dengan sidik jari, jika ponsel pengguna memiliki fitur Touch ID. 

whatsapp sidik jari
Setelah pengguna melakukan update WhatsApp ke versi terbaru, maka pengguna secara otomatis dapat menggunakan fitur Touch ID pada aplikasi WhatsApp. Fitur tersebut akan sangat berguna menjaga dan melindungi privasi chat pengguna dari orang jahil yang iseng-iseng ingin membuka dan membaca isi pesan.

Bagi sobat yang ingin mencoba untuk mengaktifkan fitur sidik jari pada iPhone, berikut langkah-langkahnya :
  1. Lakukan update aplikasi WhatsApp terbaru.
    update whatsapp
  2. Buka aplikasi WhatsApp, lalu pilih Settings > Account > Privacy. Pada halaman privacy, lalu pilih Screen Lock. 
  3. Aktifkan opsi fitur Touch ID, lalu pilih durasi penguncian WhatsApp secara otomatis mulai Immediately hingga 1 Jam.
    sidik jari wahtsapp 2
Note : Apabila sobat gagal membuka aplikasi WhatsApp dengan sidik jari, maka sobat akan diarahkan untuk membuka aplikasi tersebut dengan memasukan passcode iPhone. Sedangkan sobat masih bisa membuka pesan, video call atau panggilan voice melalui notifikasi yang muncul di lockscreen.

Seperti yang kita ketahu, bahwa fitur terbaru WhatsApp ini belum bisa digunakan di platform Android dan harus sabar menunggu update-an terbarunya. Akan tetapi, sobat bisa menggunakan fitur tersebut dengan bantuan aplikasi tambahan. Berikut tahapan bagi sobat yang penasaran ingin mencoba fitur sidik jari di aplikasi WhatsApp :
  1. Silakan download aplikasi Smart Applock di Play Store.
    smart applock
  2. Buka aplikasi Smart Applock, lalu pilih Start Protection.
    smart applock2 
  3. Silakan sobat hapus checklist di aplikasi, sehingga yang tersisa hanya WhatsApp, Playstore dan Settings. Alasan kenapa Play Store dan Settings ikut dikunci, karena orang jahil akan mencoba menghapus aplikasi Smart Applock dan pesan di WhatsApp bisa dibuka dan dibaca. Lalu klik Save
    smart applock3
  4. Akan tampil Enable Lock, lalu pilih Allow”Usage Access”. Muncul tampilan How to do, lalu pilih Got It.
    smart applock4
  5. Pilih Smart Applock dan geser Permit usage access. Kemudian kembali ke tampilan Enable Lock, maka akan mendapati Allow “Usage Acces” sudah di checklist.
    smart applock5
  6. Pada tampilan Enable Lock, pilih Allow Pop-up Window. Lalu pilih Smart Applock dan geser Allow display over other apps. Lalu kembali ke tampilan Enable Lock dan klik Done.
    smart applock 7 
  7. Selesai.
    smart applock6
Selamat sobat sudah berhasil dan silakan coba cek di aplikasi WhatsApp-nya, jika aplikasi WhatsApp sudah terkunci dan harus di buka dengan sidik jari. Semoga bermanfaat dan .... Happy Enjoy.

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo