Cara Ampuh Pasang Iklan Adsense di Atas dan Bawah Postingan

Google Adsense merupakan program periklanan dibawah google yang menyediakan cara bagi pemilik web atau blog agar mendapatkan penghasilan uang melalui media internet. Untuk daftar menjadi publisher adsense tidak memungut biaya, sobat hanya perlu membuat konten yang berkualitas baik itu artikel, gambar maupun video. Pemilik Web atau blog yang sudah daftar dan disetujui diperbolehkan memasang iklan yang bentuk dan letaknya disesuaikan dengan ketentuan Google.
Tata letak dan bentuk iklan adsense harus menjadi perhatian penting. Karena akan mempengaruhi pada jumlah penghasilan uang yang bisa sobat peroleh dari iklan yang dipasang. Terutama, tata letak iklan di web atau blog harus tepat agar bisa meningkatkan klik iklan adsense semakin tinggi. Lokasi letak iklan yang strategis salah satunya adalah di atas dan di bawah postingan. Karena lokasi ini menjadi perhatian pengunjung ketika mereka memulai dan selesai membaca postingan.

Tahapan persiapan sebelum memasang iklan adsense di blog sobat :

  1. Rekomendasi ukuran dan gaya iklan di blog. Iklan di atas posting posisinya tepat di bawah judul postingan dan iklan di bawah postingan posisinya di bawah kalimat terakhir postingan. Untuk ukuran iklan diusahakan menggunakan ukuran 300x250, 336x280 atau responsive. Sedangkan gaya iklan untuk ukuran tetap (300x250 & 336x280) adalah bergaya float. Dibawah adalah ilustrasi posisi & ukuran iklan. 
  2. Edit kode iklan adsense. Setelah sobat mendapatkan kode HTML iklan, agar tidak terjadi error saat pemasangan kode iklan adsene, pastikan kode iklan tersebut sudah diedit terlebih dahulu. Untuk lebih mudahnya, dibawah ilustrasinya. 
  3. Posisi letak iklan adsense. Ada tiga posisi / aligment iklan yang paling umum digunakan untuk penempatan di atas dan di bawah postingan. Berikut ilustrasi dan kode HTML tambahan untuk mengatur posisi iklan.
  • Iklan di Posisi Tengah
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='text-align:center;'>
Ganti text ini dengan kode iklan yang telah diedit
</div>
</b:if>

  • Iklan di Posisi Kiri Postingan 
 <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='inline-block;float:left;margin:0 15px 15px 0;'>
Ganti text ini dengan kode iklan yang telah diedit
</div>
</b:if>

  • Iklan di Poisis Kanan Postingan
 <b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<div style='inline-block;float:right;margin:0 0 15px 15px;'>
Ganti text ini dengan kode iklan yang telah diedit
</div>
</b:if>

Note. Semua posisi iklan diatas hanya berlaku untuk iklan yang berukuran tetap (bukan responsive). Gaya float hanya berlaku untuk penempatan iklan diatas postingan atau dibawah judul postingan.

Setelah semua tahapan dijalankan, maka langkah selanjutnya adalah cara untuk memasang kode iklan adsense di atas dan bawah postingan :
  1. Login ke akun Blogger dan klik menu Theme > Edit HTML. 
  2. Cari tag <data:post.body/> dengan menggunakan CTRL + F. 
  3. Pada beberapa template custom, tag tersebut muncul lebih dari satu tag. Oleh karena itu untuk memastikan kebenaran dalam penempatan iklan, maka dilakukan cek terhadap semua tag <data:post.body/> dengan cara :
  • Silakan sobat tempatkan tulisan dibawah tag <data:post.body/> yang pertama (misalkan tulisan : Coba – coba). Kemudian Save theme.
  • Silakan cek salah satu postingan blog sobat. Apakah ada tulisan “Coba-coba” diakhir kalimat postingan. Jika tidak ada, silakan hapus tulisan tadi dan coba ulangi lagi pada tag <data:post.body/> yang kedua dan seterusnya.
  • Apabila tulisan “Coba-coba” tampil di akhir kalimat postingan, maka silakan tempatkan kode iklan adsense tetap diatas dan bawah tag <data:post.body/>.
Jika semua tahapan pemasangan iklan adsense sudah dilakukan, silakan sobat cek apakah iklannya sudah tampil atau belum. Apabila iklan belum tampil, silakan lakukan cek kembali di akun adsense-nya, apakah iklan sudah aktif atau belum. Sekian tutorial pemasangan iklan adsense di atas dan bawah postingan blog. Pada artikel selanjutnya, Admin akan membuat panduan memasang iklan di tengah postingan blog. Semoga bermanfaat dan ...Happy enjoy guys.

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo