Bayar Pajak Kendaraan Lebih Mudah di Bukalapak


Kendaraan sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat indonesia, dimana sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Semakin banyaknya pengguna kendaraan menjadi indikator kemajuan sarana transportasi di daerah tersebut. Untuk pembangunan daerah tersebut, maka pemerintah membuat peraturan terkait pajak bagi setiap pengguna yang memiliki kendaraan.
e-samsat bukalapak
Kini, pengecekan dan pembayaran pajak kendaraan bisa dilakukan langsung ke samsat terdekat atau secara online. Untuk transaksi pembayaran pajak kendaraan secara online bisa dilakukan melalui ATM yang memiliki menu e-samsat atau melalui beberapa aplikasi android. Salah satu aplikasi android yang sudah bisa melakukan pembayaran pajak kendaraan adalah Bukalapak. Meskipun transaksi pajak kendaraan yang dapat dibayarkan hanya wilayah Jawa Barat.

Berikut langkah-langkah proses pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi Bukalapak :

  1. Buka dan login di aplikasi Bukalapak 
  2. Silakan pilih menu e-samsat (PKB) Jabar 
    bayar e-samsat bukalapak
  3. Input nomor Rangka dan nomor KTP. Isi kolom tersebut dengan benar, karena salah satu huruf atau angka berbeda, maka informasi pajak tidak akan muncul. Kemudian klik Lanjut 
    bayar e-samsat bukalapak
  4. Setelah itu, akan muncul informasi Pajak Kendaraan dan rincian tagihan yang harus dibayarkan. Lalu klik Bayar Sekarang 
    rincian pajak di bukalapak
  5. Pilih metode pembayaran yang akan digunakan. Sebagai contoh admin menggunakan saldo BukaDana untuk pembayarannya. Selanjutnya klik Bayar. Maka sobat akan mendapatkan notifikasi pembayaran pajak yang dikirimkan melalui email yang terdaftar di Bukalapak. 
    transaksi pajak kendaraan di bukalapak
  6. Setelah menyelesaikan pembayaran, sobat print bukti bayar yang telah dikirimkan melalui email tadi. 
  7. Datangi salah satu kantor samsat atau gerai pengesah STNK wilayah Jawa Barat terdekat dengan membawa hasil prin bukti bayar, KTP Asli pemilik kendaraan, Serta STNK asli untuk dilakukan pengesahaan.
Catatan :
  • Cara ini tidak berlaku untuk kendaraan yang terdaftar di luar Jawa Barat. 
  • Cara ini hanya berlaku untuk pembayaran pajak kendaraan 1 tahunan. Untuk pembayaran pajak 5 tahunan harus datang langsung ke kantor samsat terdekat. 
  • Untuk kendaraan non plat B, pengesahan dapat dilakukan di kantor samsat wilayah Jawa Barat, Polsek wilayah Jawa Barat serta Kantor cabang Bank BJB yang terpilih. 
  • Sedangakn untuk kendaraan plat B, pengesahaan dapat dilakukan di kantor samsat Depok, Cinere dan Bekasi.
Sekian tutorial cara pembayaran dan pengesahaan pajak kendaraan 1 tahunan melalui aplikasi Bukalapak. Semoga bermanfaat dan Happy Enjoy........

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo