Cara Menyembunyikan Status Online Anda di WhatsApp

Setiap orang memiliki teman favorit sendiri untuk chatting. Untuk pengguna Iphone cenderung menggunakan iMessage untuk komunikasi chatting harian mereka. Sementara pengguna Android biasanya mengandalkan WhatsApp. Aplikasi chatting lain seperti WeChat dan Line tidak terlalu populer di Indonesia. WhatsApp sendiri merupakan aplikasi chatting yang dimiliki Facebook yang mengusung fitur simple dan sederhana bagi penggunanya. 
cara menyembuyikan status online di whatsapp

Salah satu fitur yang ada di WhatsApp yaitu dapat memberikan informasi status online Anda ke teman kontak WhatsApp lain dan mereka bisa melihat aktivitas Anda melalui foto atau video status. Untuk setingan default, WhatsApp akan membiarkan teman kontak Anda tahu apakah Anda sedang online atau tidak dengan mendeteksi aktivitas Anda secara otomatis.

Hal ini akan menjadi masalah, ketika Anda tidak ingin dilihat online oleh teman yang ada di kontak WhatsApp, yaitu saat Anda hanya ingin memeriksa pesan Anda dan tidak ingin terganggu oleh banjir permintaan chatting dari orang yang menganggap bahwa Anda online. Jadi, Adakah cara untuk menyembunyikan status online Anda di WhatsApp?. Pada artikel ini Admin akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menyembunyikan status online Anda di WhatsApp.

Memahami Istilah "Online" dan "Last Seen"

Hal pertama yang harus kita pelajari, sebelum melakukan pengaturan status di WhatsApp adalah perbedaan antara "online" dan "Last seen", serta bagaimana masing-masing bekerja. Contoh sederhananya untuk "Online", Anda melihat status teman kontak WhatsApp dengan tampilan online atau pesan yang sudah anda kirim centang dua dan berwarna biru. Sedangkan, "Last Seen" berarti aplikasi WhatsApp sudah dibuka oleh teman Anda dan pada statusnya menunjukkan waktu terakhir mereka aktif (seperti, "Last Seen Sunday at 11:52AM").
cara menyembuyikan status online di whatsapp
Ada untung rugi dengan mengaktifkan fitur ini. Untungnya adalah Anda mudah untuk menyembunyikan aktivitas "Last Seen" dari WhatsApp dengan mengubah pengaturan privasi Anda, dan nanti Admin akan menjelaskan bagaimana melakukannya di bawah ini. Apabila Anda sudah melakukan pengaturan tersebut, selama Anda membuka WhatsApp, tidak ada yang akan tahu kalau Anda sedang online atau sudah membaca pesan dari teman chatting Anda.

Sedangkan ruginya adalah jika Anda menyembunyikan status online dan last seen bahkan mematikan tanda cetang biru, maka kita pun tidak akan bisa melihat status, last seen dan juga tidak dapat mengetahui apakah pesan yang sudah dikirim dibaca atau belum oleh temen Anda.

Dua Cara Menyembuyikan Status Online di WhatsApp

A. Menghidupkan Mode Pesawat

Cara pertama ini sangat berguna, apabila Anda tidak ingin memunculkan status online pada teman. Tetapi, disisi lain Anda harus membalas pesan dari pengguna lain dengan cepat, baik itu orang penting, pacar atau yang lainnya.
  1. Apabila ada pesan masuk, dan Anda harus membalas secepatnya, tetapi tidak ingin memunculkan status online, jangan terlalu terburu-buru untuk membuka pesan tersebut. 
  2. Agar status online tidak muncul, yang harus Anda lakukan adalah menghidupkan “Mode Pesawat” terlebih dahulu sebelum membuka pesan.  
  3. Silakan buka WhatsApp seperti biasa.  
  4. Lalu, buka pesan chatting teman yang ingin kalian balas pesannya. Lalu balas pesan tersebut.  
  5. Apabila sudah dibalas, keluar dari WhatsApp.  
  6. Setelah itu, matikan “Mode Pesawat” dan pesan Anda akan terkirim, apabila data seluler sudah diaktifkan.
    cara menyembuyikan status online di whatsapp
Sebetulnya, cara diatas masih dapat memunculkan status online. Tetapi, status tersebut hanya akan muncul dalam waktu singkat. Lagipula, tidak mungkin ada teman yang akan memantau setiap saat untuk mengecek status online Anda. Teman Anda pun tidak akan tahu kapan Anda terakhir menggunakan aplikasi WhatsApp karena fitur tersebut sudah dimatikan dengan cara yang selanjutnya.

B. Mengatur Setingan Privasi Anda di WhatsApp

Di luar cara kedua dengan menghidupkan mode pesawat, sebenarnya ada dua cara lain untuk menyembunyikan privasi Anda pada WhatsApp. Pengaturan pertama, menonaktifkan tampilan "Last Seen" pada aplikasi WhatsApp. Dengan cara ini status online atau last seen Anda bisa diatur baik hanya dapat dilihat oleh kontak Anda, hanya seseorang saja atau tidak ada sama sekali.
  1. Buka aplikasi WhatsApp seperti biasa. 
  2. Kemudian klik ikon titik tiga di bagian pojok kanan atas. 
  3. Setelah itu klik “Settings” untuk masuk ke menu pengaturan WhatsApp. 
  4. Jika sudah masuk ke menu pengaturan, klik “Account”. 
  5. Selanjutnya, klik “Privacy” untuk masuk ke pengaturan privasi. 
  6. Didalam menu tersebut, kalian akan melihat banyak opsi. Langsung saja klik “Last Seen” dan pilih opsi “Nobody”.
    cara menyembuyikan status online di whatsapp
Dengan cara itu, pengguna lain tidak akan bisa melihat status “Online” dan status “Last Seen”. Tetapi, status online hanya tidak muncul, apabila Anda sudah berhenti menggunakan aplikasi. Dan status tersebut akan muncul kembali, apabila Anda menggunakan aplikasinya kembali. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan cara pertama.

Pengaturan privasi kedua, yang harus Anda ubah adalah status Baca Anda untuk pesan. Dengan cara ini, tidak ada pengguna yang dapat melihat apakah Anda telah melihat pesan, bahkan jika Anda terlihat online. Untuk melakukan cara ini, silakan kembali lagi ke pengaturan privasi yang sama dengan cara klik “Settings” > pilih “Account” > pilih “Privacy” > silakan nonaktifkan “Read receipts”.
cara menyembuyikan status online di whatsapp
Itulah cara untuk menyembunyikan status online anda di WhatsApp. Semoga bisa dipahami dan dipraktekan dengan mudah. Happy enjoy,,,Guys!

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo