Pasang Tombol Emoticon Lucu Di Bawah Postingan Blog

Pasang Tombol Emoticon Lucu Di Bawah Postingan Blog – Bagi seorang penulis blog pasti ada rasa penasaran, bagaimana reaksi pengunjung saat membaca artikel blog kita. Apakah mereka suka dengan artikel yang kita tulis atau malah kebalikannya. Karena sebagian pengunjung malas untuk menyampaikan penilaiannya pada kotak komentar.
Pasang Tombol Emotion Lucu Di Bawah Postingan Blog
Selain menggunakan media kotak Komentar atau vote, pengunjung dapat menilai baik atau buruk suatu artikel blog dengan tombol Emoticon berwajah lucu. Penempatan Emoticon dibawah postingan akan memudahkan pengunjung untuk mengekspresikan penilaiannya, hanya dengan klik gambar Emoticon.

Sedangkan menempatkan Emoticon atau reaksi ekspresi pembaca pada postingan blog, tentunya dapat memberikan kesan tersendiri untuk penulis blog. Karena reaksi suka pengunjung akan memotivasi penulis blog untuk lebih banyak menulis artikel lainnya yang lebih berkualitas.

Tombol Emoticon biasanya akan diletakkan di bawah Postingan blog. Tujuan dari penempatan tombol Emoticon ini pada Blog adalah:

  • Agar pengunjung blog bisa semakin percaya dengan isi artikel 
  • Menambah Interaksi dari pengunjung (tidak hanya membaca saja, namun ada gerakan lain yang dilakukan pengunjung) sehingga dapat mengurangi nilai Bounce Rate.
Untuk menempatkan Emoticon pada blog, kita perlu menggunakan jasa situs penyedia Emoticon, yaitu ShareThis. ShareThis adalah salah satu penyedia Emoticon reaction gratis untuk blogger. Selain penggunaannya yang cukup mudah, tampilan Emoticon dari Share this bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna. Berikut ini tahapan-tahapan mudah untuk pasang tombol Emoticon lucu di bawah postingan blog: 

Tutorial Pasang Tombol Emoticon Lucu di Bawah Postingan Blog

  1. Buka situs ShareThis dan buatlah akun baru dengan mengisi alamat email, password dan alamat blog yang akan dipasang Emoticon (contoh lotekindo.blogspot.com). 
    Pasang Tombol Emotion Lucu Di Bawah Postingan Blog
  2. Klik "Get The Code" dan Copy kode tersebut dan Paste-kan ke bagian template blog Anda. 
    Pasang Tombol Emotion Lucu Di Bawah Postingan Blog
  3. Masuk ke Dasboar blog Anda. Pilih Theme > Edit HTML letakkan script kode tadi setelah tag <head> atau sebelum tag </head> dan Save. Maka blog Anda akan otomatis terverifikasi oleh ShareThis. 
    Pasang Tombol Emotion Lucu Di Bawah Postingan Blog
  4. Hidupkan "Inline Reaction Buttons" dan klik tombol Copy untuk menyalin script kodenya. Anda juga bisa menambah atau menghapus icon serta mengatur posisi icon dan bahasa, lalu klik tombol Update. 
    Pasang Tombol Emotion Lucu Di Bawah Postingan Blog
    Pasang Tombol Emotion Lucu Di Bawah Postingan Blog
  5. Masuk ke Dasboar Blog Anda, masuk ke Theme > Edit HTML dan cari kode <data:post.body/> dengan cara CTRL + F. Silakan Paste-kan script kode tadi dibawah kode <data:post.body/>.
    Note. Biasanya kode pada template blog lebih dari 1. Jadi Anda bisa coba satu-persatu paste-kan kode tersebut, agar posisi icon sesuai di bawah postingan.
  6. Selesai, silakan cek tampilan blog Anda. Emoticon akan tampil sekitar 5 menit setelah pemasangan atau update perubahan settingan di ShareThis.
Sangat mudah bukan, Anda tidak perlu khawatir dengan pagespeed blog menurun, yang paling penting ada kegunaanya untuk blog. Anda juga bisa menambakan kalimat ajakan kepada pengunjung agar meng-klik tombol Emoticon tersebut di bagian Edit HTML.

Itu saja artikel tutotial pasang tombol Emoticon lucu di bawah postingan blog. Semoga bermanfaat, jika ada hal yang kurang dipahami dari artikel ini, anda bisa langsung bertanya di kotak komentar. Happy enjoy,,,Guys!

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo