Cara Menambah Nama Lokasi Baru di Google Maps

Google Maps memberikan layanan yang sangat bermanfaat bagi banyak orang untuk menunjukkan lokasi. Layan ini Saat ini memiliki fitur yang lengkap dan sangat membantu pengguna dalam menemukan sebuah lokasi.
menambahkan lokasi di google maps
Menariknya, dengan Google Maps, sobat dapat dengan mudah dan cepat menemukan berbagai lokasi, tempat atupun alamat dengan mudah. Selain lokasi, sobat dapat melihat Jam buka, nomor telepon, website, dan juga foto-foto dari tempat tersebut.

Saking mudahnya, sobat hanya perlu membuka aplikasi Google Maps di smartphone dan mencair alamat tujuan yang ingin sobat kunjungi, maka Google Maps akan secara cepat menemukan lokasi tersebut.

Tidak hanya dapat memberikan infromasi alamat dan peta jalan saja, Google Maps mampu memberikan banyak informasi untuk sobat, ketika ingin menemukan tempat tertentu seperti cafe, rumah makan, masjid, pom bensin, minimarket dan tempat penting lainnya. Informasi tambahan lainnya akan diberikann oleh Google Maps seperti kondisi jalan, alternatif jalan, informasi jarak, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Google Maps sering digunakan oleh pelaku bisnis untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya. Sangat mudah, Pelaku bisnis hanya perlu menambahkan lokasi dari tempat bisnis miliknya ke dalam layanan Google Maps. 

Bukan hanya pelaku bisnis saja, pengguna umum juga bisa menambahkan lokasi baru seperti alamat rumah, lokasi tempat bekerja, restoran rekomended dan lain sebagainya. Dengan demikian, pengguna tersebut bisa membantu teman-temannya menemukan lokasinya dengan mudah dan cepat.

Pada kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana cara untuk menambahkan nama lokasi atau tempat baru di Google Maps melalui perangkat ponsel smartphone Anda dan juga melalui perangkat komputer dekstop.

Cara Menambah Nama Lokasi Baru di Google Maps

A. Menambahkan Lokasi di Google Maps melalui Smartphone

  1. Buka aplikasi Google Maps pada smartphone sobat. Apabila diminta, pilih akun Gmail dan password akun sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya. Dan pastikan GPS atau lokasi sudah di aktifkan. 
    menambah lokasi di google maps
  2. Klik tombol Menu ☰  yang berada di pojok kiri atas layar. Makan akan muncul menu pop-out pada Google Maps.  
  3. Pilih Add a missing place. Maka sobat akan dibawa ke halaman “Add a place”.
    menambah lokasi di google maps
  4. Silakan isi keterangan yang sesuai kolom seperti Name, Address, dan Category.
  5. Sobat juga dapat menambahkan keterangan lain seperti Add Phone, hours, website, dan photos.  
    menambah lokasi di google maps
  6. Apabila sudah selesai mengisi keterangan tersebut, sobat bisa menambahkan lokasi tersebut dengan menekan tombol Send yang terletak pada pojok kanan atas.

B. Menambahkan Lokasi di Google Maps melalui Komputer

  1. Silakan buka Google Maps dengan mengunjungi https://www.google.com/maps melalui browser. Setelah masuk ke Google Maps, silakan sobat masukan akun Gmail dan password-nya dengan cara klik “Sign in” yang ada di pojok kanan atas halaman sebelum melanjutkan. 
  2. Klik tombol Menu ☰ yang berada di pojok kiri atas halaman. Setelah itu, menu baru akan ditampilkan di sisi kiri jendela.  
    menambahkan lokasi di google maps
  3. Pilih Add a missing place. Maka sobat akan dibawa ke halaman “Add a place”.
    menambahkan lokasi di google maps
  4. Silakan isi keterangan yang sesuai kolom seperti Name, Address, Category serta keterangan lainnya seperti Add Phone, hours, website, dan photos. 
    menambahkan lokasi di google maps
  5. Klik tombol Submit, apabila keterangan tersebut sudah diisi dengan lengkap. Silakan tunggu dalam beberapa minggu, apakah penambahan nama tempat sobat disetujui atau ditolak.
    • Apabila tempat yang sobat tambahkan sudah ada di Google Maps, maka akan terlihat pop-up yang menampilkan tempat tersebut dan alamatnya.
    • Jika sobat melihat jendela pop-up yang memberi informasi bahwa tempat yang akanditambahkan ada di alamat yang salah, silakan klik “Submit Anyway”.
Itu saja, artikel tentang pandung untuk menambahkan nama lokasi baru di Google Maps. Apabila alamat yang sobat tambahkan sudah ada di Google Maps, maka sobat bisa sharing ke teman ataupun sodara tempat tersebut. Cara ini akan menjadikan orang lain lebih mudah menemukan alamat kita dan bisa jadi orang yang belum tahu bisnis sobat menjadi tahu lokasinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba. Happy Enjoy...Guys !

Post a Comment

 

Copyright © 2022

Lotek Indo